Penyerahan

Perlu Login atau Daftar untuk menyerahkan naskah.

Daftar Tilik Penyerahan Naskah

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.
  • Pengajuan belum dipublikasikan sebelumnya, juga tidak sebelum jurnal lain untuk dipertimbangkan (atau penjelasan telah disediakan di Komentar untuk Editor).
  • File pengiriman dalam format file dokumen Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  • Teks ini memiliki spasi ganda; menggunakan font 12 poin; menggunakan huruf miring, bukan garis bawah (kecuali dengan alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di dalam teks pada titik yang sesuai, bukan di akhir.
  • Teks mematuhi persyaratan gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam Pedoman Penulis, yang ditemukan di Tentang Jurnal.
  • Jika mengirimkan ke bagian mitrabestari, pastikan dalam kondisi Blind Review.

Panduan Penulis

Jurnal Tanah dan Lingkungan Journal of Soil and Environment merupakan media yang menyajikan artikel mengenai hasil penelitian dan telaah perkembangan mutakhir dalam bidang ilmu tanah, air, dan ilmu lingkungan sebagai bahan kajian utama.

Naskah berupa naskah asli yang belum pernah dimuat atau tidak sedang dalam proses publikasi dalam jurnal ilmiah nasional maupun internasional lainnya. Penulis harus mengacu pada petunjuk di bawah ini ketika mempersiapkan naskah.

PERSIAPAN NASKAH

Jenis Naskah

Full Article. Artikel lengkap diharapkan menyajikan keaslian, memberikan kemajuan besar dan penting dalam bidang ilmu tanah, air dan ilmu lingkungan, memiliki skema penelitian yang luas serta menyajikan diskusi mendalam suatu temuan. Struktur artikel terdiri dari Pendahuluan, Bahan dan Metode, Hasil dan Pembahasan, Simpulan dan Daftar Pustaka. Artikel harus diketik di kertas maksimum 15 halaman (termasuk gambar dan tabel).

Format Naskah

Naskah harus disiapkan dalam format Microsoft Word, kecuali Grafik menggunakan program Microsoft Excel dan Gambar menggunakan format JPEG atau PDF. Naskah diketik pada kertas ukuran A4 (21.0 x 29.7 cm) dengan jarak 2 spasi, dengan huruf Times New Roman 12 point. Jarak ketikan dari tepi kiri 3.0 cm, sedangkan tepi kanan, atas, dan bawah masing-masing 2.5 cm. Setiap halaman diberi nomor halaman. Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris.

Naskah disusun dengan urutan sebagai berikut:

  1. Bila artikel yang ditulis dalam bahasa Indonesia, maka judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris, sedangkan bila artikel dalam Bahasa Inggris, maka judul ditulis hanya dalam Bahasa Inggris.
  2. Nama lengkap penulis tanpa disingkat.
  3. Nama lembaga/institusi, disertai alamat lengkap dengan nomor kode pos dari masing-masing penulis.
  4. Penulis korespondensi dilengkapi dengan nomor telepon dan surel.
  5. Running title
  6. Abstrak (Abstract) dalam Bahasa Indonesia dan Inggris untuk artikel yang ditulis dalam Bahasa Indonesia, sedangkan untuk artikel dalam Bahasa Inggris, Abstrak ditulis hanya dalam Bahasa Inggris. Jumlah kata dari Abstract maksimal 250 kata.
  7. Kata kunci (Key words) maksimum 6 (enam) kata.
  8. Pendahuluan (Introduction)
  9. Bahan dan Metode (Materials and Methods)
  10. Hasil dan Pembahasan (Results and Discussion)
  11. Simpulan (Conclusions)
  12. Ucapan terima kasih (Acknowledgements)
  13. Daftar Pustaka (References)
  14. Tabel dan Gambar beserta keterangannya.

Naskah harus disampaikan secara elektronik melalui sistem online:

http://journal.ipb.ac.id/index.php/jtanah

Penulis tidak dapat mengirimkan naskah secara elektronik, maka naskah dapat dikirimkan ke alamat e-mail:

jtl_soilipb@yahoo.com; jitl@apps.ipb.ac.id

 Alamat Sekretariat:

Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan, Fakultas Pertanian, IPB University, Jl. Meranti Wing 12 Lt 4, Kampus IPB Darmaga, Bogor 16680

No. Telp/Hp: 0251-8629360/085693657277

DETAIL PENJELASAN TENTANG NASKAH

Judul dan Nama Penulis

Judul dicetak tebal (bold) dengan huruf kapital pada setiap awal kata, kecuali kata sambung. Judul umumnya terdiri atas 10-12 kata (tanpa kata sambung). Naskah dalam Bahasa Indonesia harus disertai judul dalam Bahasa Inggris yang ditulis miring (italic).

Di bawah judul, ditulis nama lengkap (tidak disingkat) semua penulis beserta nama dan alamat lembaga afiliasi penulis. Beri tanda * pada nama penulis untuk korespondensi. Alamat untuk korespondensi dilengkapi dengan nomor telepon/HP dan surel.

Penulis harus memberikan running title (maksimum 50 karakter) yang digunakan sebagai judul pendek header halaman.

Abstrak

Abstrak tidak lebih dari 250 kata yang tidak memiliki referensi dan tidak mengandung angka, singkatan, dan akronim. Abstrak harus ditulis secara singkat mencakup pendahuluan, metode, hasil, dan simpulan. Editor memiliki hak untuk mengedit abstrak untuk alasan kejelasan.

Key Words

Maksimum 6 (enam) kata, kata kunci pertama yang paling penting.

Pendahuluan

Pendahuluan berisi latar belakang penelitian, tujuan dan hipotesis (jika ada) serta menyebutkan penelitian sebelumnya yang telah dilakukan. Berikan deskripsi (lokal dan nama ilmiah) dari objek yang diteliti.

Bahan dan Metode

Bahan dan Metode berisi uraian tentang bahan, alat dan metode utama yang digunakan dalam penelitian. Bagian metode harus cukup rinci untuk menggambarkan apakah jenis penelitian eksperimental atau eksplorasi. Metode yang dijelaskan harus cukup detail dan memadai sehingga kajian dapat direplikasi. Jika penelitian anda menggunakan metode peneliti sebelumnya, maka jelaskan secara singkat metode tersebut. Jika Anda membuat modifikasi, gambarkan bagian yang dimodifikasi.

Hasil dan Pembahasan

Hasil yang diperoleh berdasarkan metode yang digunakan. Jangan sajikan data yang sama dalam tabel dan grafik. Jangan ada referensi di bagian hasil. Semua data yang disajikan dalam hasil harus dinyatakan dalam tabel, gambar atau grafik secara singkat dan jelas. Pembahasan berisi ulasan hasil penelitian dengan membandingkan data yang dilaporkan saat ini dengan hasil sebelumnya. Sorot kesamaan, serta perbedaan, dan keunikan temuan anda. Jelaskan mengapa hasilnya menjadi seperti itu.

Simpulan

Simpulan disajikan secara singkat, tetapi mencerminkan hasil penelitian yang diperoleh.

Ucapan Terima Kasih

Ucapan terima kasih memuat ucapan terima kasih kepada penyandang dana yang telah memberikan bantuan penelitian.

Daftar Pustaka

Daftar pustaka mencantumkan semua pustaka yang digunakan. Daftar pustaka ditulis berdasarkan urutan alfabet dari nama akhir penulis pertama. Pustaka dengan nama penulis (kelompok penulis) yang sama diurutkan secara kronologis. Apabila ada lebih dari satu pustaka yang ditulis penulis (kelompok penulis) yang sama pada tahun yang sama, maka huruf ‘a’, ‘b’, dan seterusnya ditambahkan setelah tahun.

Pustaka sebagai rujukan adalah sumber pustaka primer seperti jurnal, paten, disertasi, tesis, dan buku teks yang ditulis dalam 10 tahun terakhir; proporsi jurnal minimal 80%; membatasi jumlah pustaka yang mengacu pada diri sendiri (self citation); dan sebaiknya dihindari penggunaan pustaka di dalam pustaka, buku populer, dan pustaka dari internet kecuali jurnal dan dari instansi pemerintah atau swasta.

Pustaka di dalam teks ditulis menggunakan sistem nama dan tahun, misalnya Brady (1990) atau (Brady, 1990); Tinker dan Nye (2000) atau (Tinker dan Nye, 2000). Bila penulis tiga orang atau lebih, ditulis et al. seperti  Bohn et al. (1979) atau (Bohn et al., 1979).

Buku:

Brady, N.C. 1990. The Nature and Properties of Soils. 10th ed. Macmillan Publ. Com., New York. 520 pp.

Jurnal:

Chang, A.C., T.C. Granato, and A.L. Page. 1992. A methodology for establishing phytotoxicity criteria for chromium, copper, nickel, and zinc in agricultural land application of municipal sewage sludges. J. Environ. Qual., 21: 521-536.

Prosiding:

Blum, W.E.H. 1993. Soil protection concept of the Council of Europe and integrated soil research. In H.J.P. Eijsackers and T. Hammers (Eds.). Integrated Soil Research: A Basis for Proper Protection. Kluwer Acad. Publ., Dordecht, Boston, London. p. 37-47.

Tesis atau Disertasi:

Hadi, S. 2012. Model spasial penggunaan lahan dan arahan rencana penggunaan lahan di Kabupaten Bogor [Tesis]. IPB. Bogor.

Jordan, M.E. 2001. Population dynamics of Oribatid mites (Acari: Oribatida) on horse pastures of North Central Florida [Disertasi]. University of Florida. United States.

Informasi dari internet:

Phyllosphere. 2000. 7th International Symposium on the Microbiology of Areal Plant Surfaces, Berkeley, California, USA: August 3-8, 2000. http://www.cnr.berkeley.edu/p2000/ (diakses 15 Maret 2001).

Tabel dan Gambar

Tabel dibuat dengan bentuk terbuka (tanpa garis vertikal) dan diberi judul yang singkat. Isi tabel diketik dengan huruf Times New Roman 11 point. Catatan kaki ditulis di bawah tabel dengan huruf Times New Roman 10 point. Tabel dan gambar (peta, ilustrasi, grafik) harus asli (bukan fotokopi), dan dibuat pada halaman terpisah. Biaya cetak gambar berwarna dibebankan  kepada penulis.

Satuan mengikuti satuan internasional, desimal ditulis menggunakan titik, dan ribuan ditulis menggunakan koma.

REVIEW NASKAH DAN KEBIJAKAN EDITOR

Naskah yang masuk akan diperiksa kelayakkannya oleh Editor Kepala. Selanjutnya, Editor Kepala akan menetapkan naskah ke salah satu Editor yang sesuai untuk penanganan selanjutnya. Editor yang sesuai tersebut akan meminta setidaknya dua reviewer untuk menelaah naskah.

Reviewer harus memeriksa naskah dan mengembalikan hasil review kepada Editor Kepala melalui OJS sesegera mungkin, paling lambat dalam waktu 3 minggu. Jika salah satu dari reviewer merekomendasikan penolakan, maka Editor Kepala akan meminta Dewan Editor untuk menentukan penerimaan atau penolakan dari naskah yang diajukan.

Naskah yang perlu direvisi akan dikembalikan ke penulis, dan penulis harus mengembalikan naskah yang sudah direvisi ke Editor Kepala via OJS dari Jurnal Ilmu Tanah dan Lingkungan paling lambat 3 minggu. Setelah itu, naskah yang sudah direvisi oleh penulis dikirimkan kembali ke Editor Kepala/Editor untuk memeriksa apakah naskah yang direvisi seperti yang disarankan oleh reviewer dalam waktu 2 minggu. Setelah itu, naskah diteruskan ke Editor Teknis untuk dilayout. Editor Kepala akan mengirim surat penerimaan naskah untuk dipublikasi ke penulis.