Simulasi Kinerja Motor BLDC untuk Merancang Sistem Kelistrikan Mobil Hemat Energi Menggunakan Simulink

  • Satrio Wahyubramanto Unika Atma Jaya Jakarta
  • Sheila Tobing Unika Atma Jaya Jakarta
  • Yohanes Adeatma Antonio Unika Atma Jaya Jakarta

Abstract

Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) merupakan lomba tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi Indonesia yang bertujuan untuk mewadahi kreativitas mahasiswa seluruh Indonesia dalam merancang, membangun, menguji dan menyelenggarakan kompetisi mobil hemat energi yang aman dan ramah lingkungan. Peserta dari kegiatan ini adalah seluruh mahasiswa teknik di Indonesia. Penelitian ini membahas mengenai rancang bangun sistem kelistrikan mobil hemat energi yang telah sesuai regulasi KMHE 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui simulasi Simulink MATLAB dengan menggunakan sistem kontrol Proportional Integral Derivative (PID). Hasil simulasi dengan program Simulink MATLAB R2020b menunjukkan bahwa motor BLDC dengan kecepatan putar 100-900 rpm menghasilkan torsi motor sebesar 30 Nm dan memiliki daya sekitar 960 W. Hal ini menunjukkan bahwa motor BLDC telah melebihi kebutuhan perancangan mobil listrik.

Kata Kunci: KMHE, motor BLDC, ramah lingkungan, sistem kelistrikan, torsi motor.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-31
How to Cite
Satrio Wahyubramanto, Tobing, S., & Adeatma Antonio, Y. (2021). Simulasi Kinerja Motor BLDC untuk Merancang Sistem Kelistrikan Mobil Hemat Energi Menggunakan Simulink. Jurnal Ilmu Komputer Dan Agri-Informatika, 8(1), 31-41. https://doi.org/10.29244/jika.8.1.31-41
Section
Articles