MENYELISIK ISU PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA KLAUSULA EKSONERASI DI SEKTOR JASA KEUANGAN DAN RETAIL DENGAN PENDEKATAN MIXED METHODS

  • Rizka Syarifa IPB University
  • Laeli Rahmawati IPB University
  • Putri Fildzah Andini IPB University
  • Megawati Simanjuntak IPB University
  • Anna Maria Tri Anggraini Universitas Trisakti

Abstract

Sepanjang tahun 2021, Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) telah menerima 2.113 pengaduan dari sektor jasa keuangan dan 427 dari sektor retail yang mana permasalahan terkait klausula eksonerasi adalah salah satu masalah yang sering diadukan oleh konsumen. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pengetahuan dan sikap terhadap perilaku terkait klausula eksonerasi, dan mengeksplorasi peran Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) dalam pengawasan klausula eksonerasi. Penelitian ini menggunakan metode campuran sekuensial yang mengombinasikan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Survei dilakukan terhadap 170 responden yang dipilih secara sukarela. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa pengetahuan, sikap, dan perilaku terkait klausula eksonerasi masih kurang.  Hanya pengetahuan yang berpengaruh signifikan terhadap sikap konsumen. Kemudian, hasil wawancara mendalam menyimpulkan bahwa peran BPSK masih belum efektif dan cenderung pasif dalam mengawasi pencantuman klausula eksonerasi. Hal ini disebabkan belum adanya petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan yang jelas terkait pelaksanaan pengawasan pencantuman klausula eksonerasi. Oleh karena itu, diperlukan satu lembaga khusus dengan wewenang memeriksa, memvalidasi, dan mensertifikasi klausula baku sebelum diberlakukan kepada konsumen.

Author Biographies

Rizka Syarifa, IPB University

Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, Terakreditasi A

Laeli Rahmawati, IPB University

Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, Terakreditasi A

Putri Fildzah Andini, IPB University

Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, Terakreditasi A

Megawati Simanjuntak, IPB University

Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, Terakreditasi A

Anna Maria Tri Anggraini, Universitas Trisakti

Fakultas Hukum, Terakreditasi A

References

Afroz, N., & Ilham, Z. (2020). Assessment of knowledge, attitude and practice of university students towards sustainable development goals (sdgs). JISDeP – The Journal of Indonesia Sustainable Development Planning, 1(1), 31-44. doi: 10.46456/jisdep.vlil.12

Alzghoul, B. I., & Abdullah, N. A. C. (2016). Pain management practices by nurses: An application of the knowledge, attitude and practices (kap) model. Global Journal of Health Science, 8(6), 154. doi: 10.5539/gjhs.v8n6p154

Am, M. R. I., & Simanjuntak, M. (2020). Nilai dan kontrol diri sebagai faktor pembentuk sikap dalam perilaku pembelian impulsif antargenerasi. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 13(3), 262-276. doi: 10.24156/jikk.2020.13.3.262

Amalia, L. (2020). Peran badan penyelesaian sengketa konsumen (BPSK) Karawang terhadap penerapan klausula baku ditinjau dari undang-undang perlindungan konsumen. Justisia Jurnal Ilmu Hukum, 5(1), 11. doi: 10.36805/jjih.v5i1.1266

Anjani, I. A. M. C., & Purwono, I. W. N. (2020). Tanggung jawab pelaku usaha terhadap pencantuman klausula eksonerasi pada nota laundry. Jurnal Kertha Semaya, 8(3), 438-4511. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/57489/33634

Ardhya, S. (2019). Product liability dan relevansi klausula baku yang mengandung eksonerasi dalam transaksi gitar elektrik. Ganesha Law Review, 1(2), 90-105. Retrieved from https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/GLR/article/view/57/39

Bakar, E., & Amin, N. (2016). Consumer's awareness and practices towards 'exclusion clause' and its position under Malaysian law. Malaysian Journal of Consumer and Family Economics. 19(2), 15-26. Retrieved from http://psasir.upm.edu.my/id/eprint/14029/

Barkatullah, A. H., & Djumadi. (2018). Does self-regulation provide legal protection and security to e-commerce consumer?. Electronic Commerce Research and Applications, 30, 94-101. doi: 10.1016/j.elerap.2018.05.008

Baser, F., Ture, H., Abubakirova, A., Sanlier, N., & Cil, B. (2017). Structural modeling of the relationship among food safety knowledge, attitude and behavior of hotel staff in Turkey. Food Control Journal, 73, 438-444. doi: 10.1016/j.foodcont.2016.08.032

[BPKN] Badan Perlindungan Konsumen Nasional. (2021). Data pengaduan Januari – Oktober 2021. Jakarta.

Becher, S. I., & Benoliel, U. (2021). Dark contracts. Law & Society: Family Law. doi: 10.2139/ssrn.3911528

Chrisdanty, F. (2020). Tingkat pemahaman konsumen dan pelaku usaha terhadap pencantuman klausula baku dan pengawasannya oleh BPSK di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Kajian Perencanaan Pembangunan, 3(1), 94-103. Retrieved from https://jurnalpangripta.malangkota.go.id/index.php/PANGRIPTA/article/view/80/47

Creswell, J. (2016). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. California, United State (US): Sage Publications.

Faure, M., & Luth, H. (2011). Behavioural economics in unfair contract terms. Journal of Consumer Policy, 34(3), 337–358. doi: 10.1007/s10603-011-9162-9

Hayati, F. W., Hosen, M., & Hidayah, L. N. (2020). Perlindungan hukum terhadap konsumen pada situs belanja online Shopee ditinjau dari perundang-undangan. Zaaken Journal of Civil and Bussiness Law, 1(1), 73-88. doi: 10.22437/zaaken.v1i1.8281

Khomsan, A. (2000). Teknik pengukuran pengetahuan gizi. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor

Kwol, V. S., Eluwole, K. K., Avci, T., & Lasisi, T. T. (2020). Another look into the knowledge attitude practice (kap) model for food control: An investigation on the mediating role of food handlers' attitudes. Food Control Journal, 110, 1-8. doi: 10.1016/j.foodcont.2019.107025

Lafarga, T., Rodríguez-Bermúdez, R., Morillas-España, A., Villaró, S., García-Vaquero, M., Morán, L., ... & Acién-Fernández, F. (2021). Consumer knowledge and attitudes towards microalgae as food: The case of Spain. Algal Research Journal, 54, 1-11. doi: 10.1016/j.algal.2020.102174

Lemeshow, S., Hosmer, D. WJr., Klar, J., & Lwanga, S. K. (1990). Adequacy of sample size in health studies. Chichester: John Wiley & Sons.

Lestari, A. P., & Utomo, S. L. (2020). Kepastian perlindungan hukum pada klausula baku dalam perjanjian pinjaman online di Indonesia. Supremasi Jurnal Hukum, 2(2), 178. doi: 10.36441/supremasi.v3i1.124

Lim, T. P., Chye, F. Y., Sulaiman, M. R., Suki, N. M., & Lee, J. S. (2016). A structural modeling on food safety knowledge, attitude, and behaviour among Bum Bum Island Community of Semporna, Sabah. Food Control Journal. 60, 241-246. doi: 10.1016/j.foodcont.2015.07.042

Liu, C., Liu C., Wang, D., & Zhang, X. (2019). Knowledge, attitudes and intentions to prescribe antibiotics: A structural equation modeling study of primary care institutions in Hubei, China. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(13), 1-16. doi: 10.3390/ijerph16132385

Lourens, A., Hodkinson, P., & Parker, R. (2020). Acute pain assessment and management in the prehospital setting, in the Western Cape, South Africa: A knowledge, attitudes and practices survey. BMC Emergency Medicine, 20(1), 1-12. doi: 10.118/s12873-020-00315-0

Nirwandani, N. S. (2018). Klausula eksonerasi dalam karcis parkir di Terminal Arjosari Kota Malang menurut hukum perlindungan konsumen dan hukum Islam. Journal of Islamic Business Law, 2(3), 106-118. Retrieved from http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/jibl/article/view/668

Peraturan Bank Indonesia No. 16/1/PBI/2014 tentang Perlindungan Konsumen Jasa Sistem Pembayaran. Retrieved from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/136965/peraturan-bi-no- 161pbi2014-tahun-2014

Pratiwi, H. (2020). Analisis yuridis klausul disclaimer oleh pelaku usaha pada situs jual beli online (e-commerce). Indonesian Private Law Review, 1(1), 37–48. doi: 10.25041/iplr.v1i1.2047

Priyono, E. A. (2017). Peranan asas itikad baik dalam kontrak baku (upaya menjaga keseimbangan bagi para pihak). Diponegoro Private Law Review, 1(1), 13-22. Retrieved from https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/dplr/article/view/1934

Putra, P. E. M. A., Adnyani, N. K. S., & Ardhya, S. N. (2021). Perlindungan konsumen jasa parkir di Kabupaten Badung terkait pencantuman klausula eksonerasi ditinjau berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Journal Komunitas Yustisia Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2), 506, doi: 10.23887/jatayu.v4i2.38140

Rahmawati, I., Yuliati, & Santoso, B. (2020). Perlindungan hukum bagi konsumen atas pencantuman klausula eksonerasi dalam bisnis pinjam-meminjam uang berbasis teknologi informasi di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(2), 202-212. doi: 10.17977/um019v5i2p202-212

Rizky, T., & Rismawati. (2017). Perlindungan konsumen terhadap klausula eksonerasi dalam perjanjian sewa-menyewa safe deposit box pada Bank Mandiri Cabang Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bidang Hukum Keperdataan, 1(2), 158-172. Retrieved from http://www.jim.unsyiah.ac.id/perdata/article/view/13078/5247

Roesli, M., Sarbini, S., & Nugroho, B. (2019). Kedudukan perjanjian baku dalam kaitannya dengan asas kebebasan berkontrak. DiH: Jurnal Ilmu Hukum, 15(1), 1–8. doi: 10.30996/dih.v15i1.2260

Ruby, G. E., Abidin, U. F. U. Z., Lihan, S., Jambari, N. N., & Radu, S. (2019). Predicting intention on safe food handling among adult consumers: A cross sectional study in Sibu District, Malaysia. Food Control Journal, 106, 106696. doi: 10.1016/j.foodcont.2019.06.022

Samapundo, S., Thanh, T. C., Xhaferi, R., & Devlieghere, F. (2016). Food safety knowledge, attitudes and practices of street food vendors and consumers in Ho Chi Minh City, Vietnam. Food Control Journal, 70, 79-89. doi: 10.1016/j.foodcont.2016.05.037

Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 13/SEOJK.07/2014 tentang Perjanjian Baku. Retrieved from https://www.ojk.go.id/id/kanal/edukasi-dan-perlindungan-konsumen/regulasi/surat-edaran-ojk/default.aspx

Syamsudin, M. (2018). Perlindungan hukum konsumen atas penerapan klausula baku. Jurnal Yudisial, 11(1), 91-112. doi: 10.29123/jy.v11i1.252

Thomas, D., & Zachariah, S. (2018). Knowledge, attitude, and practice of pharmacovigilance in developing countries. Academic Press, 177-193. doi: 10.1016/B978-0-12-811228-1.00011-X

Tobing, D. M. L. (2019). Klausula baku: Paradoks dalam penegakan hukum perlindungan konsumen. Jakarta, Indonesia (ID): PT Gramedia Pustaka Utama.

Turatmiyah, S., & Novera A. (2017). Peran badan penyelesaian sengketa konsumen dalam pengawasan klausula baku di Kota Palembang. Jurnal Hukum Ius Quia Iustum, 24(1), 147-165. doi: 10.20885/iustum.vol24.iss1.art8

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. 20 April 1999. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 Nomor 42. Jakarta.

Wandani, D., & Simanjuntak, M. (2019). Kepribadian, motivasi,dan perilaku komplain berdasarkan suku. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 12(3), 237. doi: 10.24156/jikk.2019.12.3.236

Wang, J., Chen, L., Yu, M., & He, J. (2020). Impact of knowledge, attitude, and practice (kap)-based rehabilitation education on the kap of patients with intervertebral disc herniation. Ann Palliat Med, 9(2), 388-393. doi: 10.21037/apm.2020.03.01

You, S,. & Han, W. (2020). Approaching knowledge, attitudes, and practices model for elderly with dementia who are suspected to have hearing impairment in Korea. Journal of Audiology & Otology, 24(1), 40. doi: 10.7874/jao.2019.00094

Published
2022-07-02
How to Cite
SyarifaR., RahmawatiL., Andini P. F., SimanjuntakM., & AnggrainiA. M. T. (2022). MENYELISIK ISU PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA KLAUSULA EKSONERASI DI SEKTOR JASA KEUANGAN DAN RETAIL DENGAN PENDEKATAN MIXED METHODS. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 15(2), 178-191. https://doi.org/10.24156/jikk.2022.15.2.178