STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS UNTUK PASAR INTERNASIONAL MELALUI PENERAPAN MANAJEMEN KUALITAS TOTAL: PEMBELAJARAN DARI PRODUK EDAMAME BEKU

  • Dyah Kusuma Wardani
  • Marimin Marimin
  • Kasutjianingati Kasutjianingati

Abstract

The objectives of this research were to analyze the application of the quality standard of the frozen edamame products, to identify key attributes expected by the export markets in increasing the quality of frozen edamame, to formulate the appropriate strategy in improving the quality of frozen edamame products, and to determine the priority strategies that can be applied in the improvement of the quality of frozen edamame products. The method used was the case study, and the analysis tools i.e. QFD (Quality Function Deployment), Pareto, SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity) dan AHP (Analytical Hierarchy Process) were also used. Based on the data processing results of QFD, the attribute of no pests and diseases is the highest expectation from customers, and sorting is the most crucial point in generating quality of edamame requested by the customers. The Pareto analysis result showed that the main problem in increasing the quality of the products is the processing time. SWOT analysis produced four alternative strategies that is optimizing the use of technology to ensure the quality of edamame, assessing and monitoring the SOP quality control, optimizing cooperation research and development with universities or government research institutes to produce seeds, and applying efficiency and effectiveness in production. Analysis of AHP strategic priorities resulted in recommendations for the company that optimization of the use of technology to ensure the quality of edamame must carried out. Therefore, the quality of raw materials which cannot be processed directly will not be reduced due to the longer period of waiting.

Keyword: QFD, Pareto, SWOT, AHP, PT Mitra Tani 27 Jember


ABSTRAK

Penelitian ini  bertujuan menganalisis penerapan standar kualitas produk edamame beku, mengidentifikasi atribut kunci yang diharapkan pasar ekspor dalam peningkatan kualitas edamame beku, merumuskan strategi yang tepat dalam peningkatan kualitas produk edamame beku, dan menentukan prioritas strategi yang dapat diterapkan dalam peningkatan kualitas produk edamame beku. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Alat analisis dalam penelitian ini, yaitu QFD (Quality Function Deployment), Pareto, SWOT, dan AHP (Analytical Hierarchy Process). Hasil pengolahan data QFD yaitu tidak ada hama dan penyakit yang merupakan harapan tertinggi dari pelanggan. Sortasi merupakan titik paling krusial dalam menghasilkan kualitas edamame yang diminta pelanggan. Hasil analisis pareto menunjukkan bahwa permasalahan utama adalah waktu pengolahan dengan nilai 20,7%. Artinya, proses pengolahan yang belum mampu ditangani secara optimal karena menumpuknya komoditas edamame pada saat musim panen raya. Analisis SWOT menghasilkan empat alternatif strategi, yaitu optimalisasi penggunaan teknologi untuk menjaga kualitas edamame, evaluasi dan monitoring standart operating prosedure pengendalian kualitas, optimalisasi kerja sama research and development dengan  perguruan tinggi atau lembaga penelitian pemerintah untuk menghasilkan benih unggul, efisiensi dan efektifitas kegiatan produksi. Analisis AHP menghasilkan prioritas strategi yang direkomendasikan ke perusahaan yaitu penerapan optimalisasi optimalisasi penggunaan teknologi untuk menjaga kualitas edamame. Hal ini bertujuan agar penerimaan bahan baku yang belum dapat diproses langsung tidak sampai menurunkan kualitas produk akibat waktu tunggu pengolahan yang terlalu lama

Kata kunci: QFD, pareto, SWOT, AHP, PT Mitra Tani 27 Jember

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-03-25
How to Cite
Wardani, D. K., Marimin, M., & Kasutjianingati, K. (2015). STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS UNTUK PASAR INTERNASIONAL MELALUI PENERAPAN MANAJEMEN KUALITAS TOTAL: PEMBELAJARAN DARI PRODUK EDAMAME BEKU. Jurnal Manajemen & Agribisnis, 12(1), 36. https://doi.org/10.17358/jma.12.1.36