Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Ekuitas Merek Gerai Buah Durian Di Kota Medan (Studi Kasus: CV Si Bolang Durian)

  • Rui Andriano Sekolah Bisnis IPB
  • Amzul Rifin Departemen Teknik Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, IPB
  • Bunasor Sanim Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB
Keywords: brand association, brand awareness, brand loyalty, ekuitas merek, SEM

Abstract

CV Si Bolang Durian merupakan sebuah usaha gerai durian di Kota Medan yang sedang berkembang. Dalam meningkatkan daya saing perusahaan, CV Si Bolang Durian berupaya mencari perencanaan pemasaran yang lebih ideal. Penurunan penjualan yang terjadi pada tiap tahunnya menunjukkan angka yang cukup signifikan. Hal tersebut membuktikan bahwa perencanaan pemasaran CV Si Bolang Durian saat ini kurang ideal untuk bersaing dengan kompetitornya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi ekuitas merek dari gerai buah durian Si Bolang Durian (CV Si Bolang Durian). Analisis Structural Equation Model (SEM) dilakukan untuk mengetahui faktor-faktro apa saja yang mempengaruhi ekuitas merek dari gerai Si Bolang Durian. Selanjutnya menetukan strategi pemasaran yang tepat untuk meningktakan ekuitas merek dari hasil yang telah di dapat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, seluruh variabel yang ada tidak semua memiliki t-hitung diatas 1,96. Variabel brand awareness, brand association dan brand loyalty (3,63, 4,66 dan 3,22) mengindikasikan bahwa brand equity dipengaruhi secara langsung oleh ketiga variabel tersebut. Sedangkan brand perceived quality yang memiliki t-hitung dibawah 1,96, yaitu 0,26 mengindikasikan bahwa brand equity tidak dipengaruhi secara langsung oleh variabel tersebut. Hal tersebut mengindikasikan bahwa untuk meningkat ekuitas mereknya, Si Bolang Durian harus meningkat ataupun membangun staretegi pemasaran yang tepat dari sisi brand awareness, brand association dan brand loyalty.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, D.A. 1991. Managing Brand Equity: Capitalizing on The Value of A Brand Name. New York (US): The Free Press.
Astuti, S.W., Cahyadi IG. 2007. Pengaruh Elemen Ekuitas Merek Terhadap Percaya Diri Pelanggan Di Surabaya Atas Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Majalah Ekonomi. 17(2):142.
Hair, J.F., Anderson RE, Tatham RL & Black WC. 2010. Multivariate Data Analysis, Seventh Edition. New Jersey (US). Prentice Hall.
Kotler, P. 2000. Marketing Management, The Millenium Edition. New Jersey (US): Prentice Hall.
Kotler, P., Keller, K.L. 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jakarta (ID): Indeks.
Singarimbun, M. 1995. Metode Penelitian Survei, Cetakan kedua. Jakarta (ID): LP3ES.
Sumarwan, U. 2009. Pemasaran Strategik. Bogor (ID): Inti Prima.
Published
2021-01-27
How to Cite
Andriano, R., Rifin, A., & Sanim, B. (2021). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Ekuitas Merek Gerai Buah Durian Di Kota Medan (Studi Kasus: CV Si Bolang Durian). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 15(1), 30-39. https://doi.org/10.29244/mikm.15.1.30-39
Section
Vol. 15 No. 1