Strategi Peningkatan Konsumsi Ikan pada Masyarakat Berpendapatan Rendah Di Provinsi Jawa Tengah

  • Andi Agus Subakir Kementerian Kelautan dan Perikanan RI
  • Musa Hubeis Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB
  • Wini Trilaksani Departemen Teknologi Hasil Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB
Keywords: konsumsi ikan, masyarakat berpenghasilan rendah, strategi

Abstract

Masalah gizi pada anak usia balita masih menjadi masalah serius di beberapa kabupaten/kota di Jawa Tengah. Tujuan penelitian (1) mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang memengaruhi konsumsi ikan masyarakat berpenghasilan rendah di Provinsi Jawa Tengah, (2) merumuskan strategi peningkatan konsumsi ikan masyarakat berpenghasilan rendah di Provinsi Jawa Tengah, (3) tersusunnya rencana aksi dan program peningkatan konsumsi ikan masyarakat berpenghasilan rendah di Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan alat analisis strengths, weaknesses, opportunities, dan threats (SWOT) dan analytical hierarchy process (AHP). Berdasarkan analisis SWOT, terdapat beberapa alternatif strategi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat berpenghasilan rendah di kabupaten Boyolali dan Demak, yaitu (1) Pelatihan dan Pendidikan Nelayan, Pembudidaya dan UKM, (2) Sosialisasi Promosi dan Sosialisasi melalui Media Cetak, Sosial, dan Elektronik, (3) Alternatif bank benih ikan untuk menjaga keberlanjutan produksi ikan dan permintaan konsumen, (4) Meningkatkan sistem distribusi dan mata rantai pengelolaan ikan dari produsen hingga konsumen akhir, (5) adanya kebijakan penetapan standar harga ikan bagi masyarakat berpenghasilan rendah, serta (6) Menciptakan persaingan usaha yang sehat antara pihak swasta dan UKM. Hasil analisis AHP menemukan bahwa alternatif strategi yang menjadi prioritas utama peningkatan konsumsi ikan pada masyarakat berpenghasilan rendah adalah promosi dan sosialisasi gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) melalui media cetak, sosial, dan elektronik

Downloads

Download data is not yet available.

References

[BPS] Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah 2015. Data Sensus Konsumsi dan Pengeluaran.
Ciptanto, S. 2010. Top 10 Ikan Air Tawar Panduan Lengkap Pembesaran Secara Organik di Kolam Air, Kolam Terpal, Karamba, dan Jala Apung. Lily Publisher. Yogyakarta.
Dinas Kesehatan Jawa Tengah. 2014. Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2013. Semarang (ID): Dinkes Jateng
Direktorat Pemasaran Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan. 2016. Peta Tingkat Konsumsi Ikan Tahun 2013 dan 2015. Direktorat Pemasaran. Jakarta.
Harlin. 2008. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Perikanan (Studi Kasus di Kota Bekasi) [tesis]. Program Pascasarjana Universitas Terbuka. Jakarta.
[KKP] Kementerian Kelautan dan Perikanan. 2015. Analisis Data Pokok Kementerian Kelautan dan Perikanan. Jakarta (ID): KKP.
Ramadani, I.K, R. Rahmawati, dan A. Hoyyi. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Gizi Buruk Balita di Jawa Tengah dengan Metode Spasial Durbin Model. Jurnal Gaussian. Volume 2, Nomor 4, Tahun 2013, Halaman 333-342.
Saaty, Thomas, L. 1993. The Analytical Hierarchy Process: Planning, Priority Setting, Resource Allocation. Pittsburgh: University of Pittsburgh Pers.
Sokib, N., N.S. Palupi, dan B. Suharjo. 2012. Strategi Peningkatan Konsumsi Ikan di Kota Depok Jawa Barat. Jurnal MPI. Volume 7, Nomor 2, Halaman 166-171.
Suryawati, S.H., S. Saptanto, dan M.P. Hertria. 2016. Analisis Preferensi Konsumsi Ikan Meng-hadapi Natal 2015 dan Tahun Baru 2016. Jurnal Kebijakan Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, Vol. 6 No. 1 Juni 2016: 15-24.
Published
2021-01-26
How to Cite
Subakir, A. A., Hubeis, M., & Trilaksani, W. (2021). Strategi Peningkatan Konsumsi Ikan pada Masyarakat Berpendapatan Rendah Di Provinsi Jawa Tengah. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 15(1), 70-76. https://doi.org/10.29244/mikm.15.1.70-76
Section
Vol. 15 No. 1