Strategi Pemasaran UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing di Pasar Ritel Modern Carrefour (Kasus PT MadaniFood, Jakarta)

  • Mariena Dewi Kementerian Kelautan dan Perikanan
  • Musa Hubeis PS Pengembangan IKM SPs IPB; Departemen Manajemen, FEM IPB
  • Etty Riani Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perkanan dan Ilmu Kelautan IPB
Keywords: pasar ritel modern, perilaku konsumen, strategi pemasaran, UMKM

Abstract

Salah satu permasalahan yang harus dihadapi oleh usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan juga sebagai salah satu peluang untuk mengembangkan usahanya adalah memperluas akses pasar, baik dalam maupun luar negeri. Tujuan penelitian menganalisis kondisi UMKM di Pasar Ritel Modern; menganalisis karakteristik perilaku konsumen produk UMKM di Pasar Ritel Modern; menyusun strategi pemasaran pengembangan usaha UMKM di Pasar Ritel Modern. Penelitian dilaksanakan di PT MadaniFood. Analisis data dalam penelitian ini adalah Importance Performance Analysis (IPA), Analisis Faktor Internal (IFE), Analisis Faktor Eksternal (EFE), Matriks Internal-Eksternal (IE) dan analisis Strength, Weakness, Opportunities and Threats (SWOT). Berdasarkan analisis perilaku konsumen Carrefour terhadap produk PT MadaniFood, ada komponen-komponen yang harus dikembangkan, yaitu keberagaman produk ikan segar, ketersediaan jenis ikan segar yang mengikuti selera pasar, keberagaman ikan bandeng tanpa duri yang dijual, ketersediaan produk ikan bandeng tanpa duri saat dibutuhkan, ketersediaan ukuran ikan bandeng tanpa duri yang mengikuti selera pasar, adanya diskon untuk kuantitas tertentu, kecepatan dalam melayani pelanggan, pengetahuan pelayan took terhadap produk yang tersedia, adanya sistem pembayaran dengan kredit, adanya sistem titip jual, dan ketersediaan nama toko yang jelas. Strategi pemasaran yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan daya saing di pasar ritel modern adalah meningkatkan omzet penjualan dari sisi produk dan pemasaran; mengembangkan kemitraan dengan perusahaan besar; menjalin dan meningkatkan hubungan kerjasama dengan pemasok, ritel modern dan pemerintah; meningkatkan daya saing; memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana promosi dan memperluas jaringan pasar; mempertahankan dan meningkatkan mutu produk yang lebih sehat dalam rangka kompetisi harga; meningkatkan mutu sumber daya manusia dalam hal manajemen dan pemasaran; dan mengelola rantai pasok bahan baku dan produk jadi secara efektif dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

David, F.R. 2009. Manajemen Strategi Konsep (Terjemahan). Jakarta: Salemba Empat.
[Depkop]. Departemen Koperasi dan UKM. 2008. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Jakarta: Depkop.
[Depkop]. Departemen Koperasi dan UKM. 2013. Statistik Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) 2010-2011. Jakarta: Depkop.
Herry CW. 2014. Analisis Kepuasan Mitra dan Strategi Peningkatan Pelayanan Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah [tesis]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.
Hubeis, M. 2012. Manajemen Ritel Kreatif dan Inovatif dalam Bisnis. Jakarta: Inti Prima Promosindo.
Jaja, A. Suryani, K. Sumantadinata. 2013. Usaha Pembesaran dan Pemasaran Ikan Lele serta Strategi Pengembangannya di UD Sumber Rezeki Parung, Jawa Barat. Jurnal Manajemen IKM. 8(1): 45-56.
Rangkuti, F. 2009. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sumarwan, U. 2015. Perilaku Konsumen (Edisi II). Bogor: Ghalia Indonesia.
Suhendar, U., S.T. Soekarto, N.S. Palupi. 2010. Kajian Strategi Pemasaran Ikan Asap (Smoked Fish) di UKM Petikan Cita Halus Citayam-Bogor. Jurnal Manajemen IKM. 5(2): 145-156.
Published
2021-01-26
How to Cite
Dewi, M., Hubeis, M., & Riani, E. (2021). Strategi Pemasaran UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing di Pasar Ritel Modern Carrefour (Kasus PT MadaniFood, Jakarta). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 15(1), 77-83. https://doi.org/10.29244/mikm.15.1.77-83
Section
Vol. 15 No. 1